Kamis, 10 September 2015

✿ Susu Kambing, Sunnah Rasulullah SAW yang Telah Dilupakan.


Susu kambing, ternyata merupakan sunnah Rasulullah SAW yang telah dilupakan banyak umat Islam sendiri. Susu kambing kaya akan gizi sama dengan susu sapi. Sering kita mendengar banyak orang yang mengalami masalah kesehatan setelah minum susu sapi, tapi jarang sepertinya ada yang bermasalah setelah mengkonsumsi susu kambing. 

Bagi yang memiliki alergi terhadap susu sapi, susu kambing jelas bisa dijadikan sebagai alternatif. Lebih dari itu, diketahui juga di zaman Nabi Muhammad pun, beliau dan sahabat-sahabatnya lebih sering meminum susu kambing seperti yang ditulis dalam riwayat-riwayat shahih, dan bukannya susu sapi. Benarkah kalau susu kambing pun sunnah?


Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah pernah mengatakan bahwa Islam datang dalam keadaan asing dan nantinya umat pun akan mengalami masa di mana Islam bakal menjadi asing lagi karena dalam mempelajari agama atau ajaran Islam, seorang muslim perlu mencontoh gaya hidup Rasulullah SAW yang menjadi teladan seluruh umat muslim seperti yang juga diperintahkan oleh Allah SWT. Praktik meneladani Rasulullah SAW ini tidak hanya sikapnya yang bijaksana dan beriman saja, tapi maksimal termasuk dengan kebiasaan makan dan minumnya, dan bahkan perilaku Rasulullah setiap harinya. Diketahui bahwa Rasulullah menyukai minuman susu kambing segar sebagai menu favoritnya dan kerennya, susu ini langsung diminum setelah melalui proses perahan dari kambing.

Alasan mengapa susu kambing sunah rasul yang dilupakan umat Islam karena ditemukan hanya beberapa persen saja dari penduduk muslim di dunia yang mengkonsumsi susu kambing terlepas dari kondisi ekonomi mereka. Bahkan boleh diakui bahwa tidak banyak umat Islam sendiri yang tahu akan manfaat dari mengkonsumsi susu kambing dan malah lebih sering minum susu sapi. Menurut data yang ada, negara-negara dengan produksi susu kambing tertinggi adalah justru di Eropa Timur dan Barat, sementara kita jelas tahu bahwa penduduk negara-negara tersebut adalah non-muslim kebanyakan.

Sayangnya, Indonesia dan Pakistan adalah dua negara yang dengan produktivitas sangat rendah tentang manfaat susu kambing, jadi bisa dibilang bahwa susu kambing sunah rasul yang terlupakan oleh sebagian besar umat muslim. Konsumsi susu kambing malah lebih besar di negara-negara non-muslim ketimbang negara-negara non-muslim, karena negara seperti Turki, Sudan, Irak, serta Aljazair pun masih kalah bila dibandingkan dengan produktivitas negara non-muslim, seperti Yunani, Italia, Spanyol, Rusia, dan Perancis. Sebagian besar dari kita pun sudah tahu bahwa dalam hal kebiasaan minum dan makan, umat Islam sama seperti di berbagai aspek hidup lain karena arus politik dan pemikiran negara barat masih mempengaruhi dan menguasai mereka.

Anjuran minum susu kambing ternyata sunnah Rasulullah SAW, tapi masih banyak umat muslim sendiri yang belum tahu pentingnya dan manfaat dari susu kambing karena lebih mengenal manfaat mengkonsumsi susu sapi. Allah SWT sudah mengatakan bahwa umat muslim seharusnya memakan yang halal serta thoyyib atau baik dari rezeki yang Allah sudah berikan dan mensyukuri nikmat yang dianugerahkan Allah jika kita hanya menyembah-Nya. Kenyataannya, kebanyakan umat Islam baru sampai pada tahap halal, sedangkan tidak memperhatikan thoyyib-nya.

Dengan adanya informasi bahwa meminum susu kambing adalah bagian dari gaya hidup Rasulullah SAW yang perlu kita teladani, tentu bukan lagi alasan bagi umat Islam untuk tidak mengerti akan pengetahuan ini. Jadi intinya, tidak puas diri dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang dianggap halal saja, tapi pengetahuan akan ke-thoyyib-an minuman dan makanan berstatus halal pun perlu ditambah dan kalau bisa juga dikonsumsi, seperti susu kambing. Susu kambing, sunnah Rasulullah SAW yang telah dilupakan dan kali ini kembali diingatkan.




Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya
¤ Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan
¤ Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya
¤ Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah
¤ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
¤ Bahagiakanlah keluarganya
¤ Luaskan rezekinya seluas lautan
¤ Mudahkan segala urusannya
¤ Kabulkan cita-citanya
¤ Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji
¤ Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar.
Aamiin ya Rabbal'alamin.



Salam sayang buat istri & anak tercinta :
"Siti Nurjanah & Rachmad Hidayatullah"

;