Sabtu, 19 September 2015

✿ Setelah 85 Tahun, Akhirnya `Hagia Sophia` Senandungkan Alquran.


Hagia Sophia merupakan bangunan terkenal di Istanbul, Turki. Sebelum dijadikan museum, gedung itu dulunya difungsikan sebagai gereja. Sebelum akhirnya diubah fungsi sebagai masjid.

Untuk pertama kalinya, dalam 85 tahun terakhir, ayat suci Alquran dikumandangkan dari Museum Hagia Sophia atau Aya Sofia. Ayat-ayat suci Alquran itu dilantunkan pada Jumat pekan lalu, dalam rangkaian acara sebuah pameran kesenian kaligrafi.

Hagia Sophia merupakan bangunan terkenal di Istanbul, Turki. Sebelum dijadikan museum, gedung itu dulunya difungsikan sebagai gereja. Sebelum akhirnya diubah fungsi sebagai masjid.

Gedung megah ini dibangun pada abad ke enam, sebagai gereja pada Kekaisaran Bizantium Kristen. Ketika pasukan Ottoman di bawah Mehmet II menaklukkan kota pada tahun 1453, bangunan ini diubah menjadi masjid.

Menara Islam dibangun di sekitar kubah Bizantiumnya. Haga Sophia berfungsi sebagai masjid sampai runtuhnya Kekaisaran Ottoman, ketika di pertengahan 1930-an otoritas negara Turki modern di bawah pimpinan Mustafa Kemal Ataturk. Haga Sophia kemudian dijadikan museum.

Dan Jumat 10 April 2015 itu, ayat suci Alquran dikumandangkan oleh Ali Tel, imam Masjid Ahmed Hamdi Akseki. Seremoni pembukaan acara tersebut dihadiri oleh sejumlah petinggi Turki, termasuk Badan Urusan Agama Turki, Mehmet Gormez.

Pameran yang digelar di Hagia Sophia itu menampilkan berbagai kaligrafi yang dibuat sebagai tanda cinta kepada Nabi Muhammad. Pameran itu akan berlangsung hingga 8 Mei mendatang.

(Sumber : Emirates 14l7



Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya
¤ Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan
¤ Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya
¤ Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah
¤ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
¤ Bahagiakanlah keluarganya
¤ Luaskan rezekinya seluas lautan
¤ Mudahkan segala urusannya
¤ Kabulkan cita-citanya
¤ Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji
¤ Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar.
Aamiin ya Rabbal'alamin.

¤ Salam sayang buat isteri & anak tercinta :
“Siti Nurjanah & Rachmad Hidayatullah”

;