Jumat, 18 September 2015

✿ Melihat Zahrani, Kawasan Wisata Kebun Kurma di Madinah


Salah satu tempat yang banyak dikunjungi jemaah haji sebagai destinasi wisata di sela-sela ibadah adalah kawasan Kebun Kurma Zahrani yang terletak di kota Madinah.

Salah satu tempat yang banyak dikunjungi jemaah haji sebagai destinasi wisata di sela-sela ibadah adalah kawasan Kebun Kurma Zahrani yang terletak di kota Madinah.

Berbeda dari bagian kota Madinah lainnnya, teriknya matahari dan udara panas tak terasa di Kebun Kurma Zahrani lantaran ternaungi oleh rindangnya pepohonan kurma. Ada sensasi berbeda yang bisa dinikmati para jemaah saat berkunjung ke tempat ini.

Ketika kaki melangkah menyusuri kebun kurma, mata pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pohon-pohon kurma yang tinggi menjulang dan kekar dengan dahan melambai-lambai. Kian menambah kesejukan di area kebun yang cukup luas itu.

Deretan spanduk-spanduk yang menjelaskan tentang beragam jenis kurma dan manfaatnya dipasang di sisi kiri jalan perkebunan.

Setidaknya ada 250 jenis kurma yang dihasilkan dari perkebunan Zahrani. Pohon-pohon kurma di sini memiliki usia yang beragam, mulai dari 90 tahun hingga 35 tahun. Beberapa pohon ditempeli nama kurma, usia, dan berat produksi kurma yang dihasilkan.

Di salah satu sisi perkebunan ini terdapat pula sebuah air terjun mungil nan cantik. Air bening yang mengalir 24 jam nonstop dari sumber air itu membasahi lahan-lahan kurma sehingga tetap basah dan segar. Sumber air buatan itu dihasilkan dari pengeboran air sedalam 300 meter.

Menariknya, pihak pengunjung juga bisa menyantap kurma langsung di kebun ini. Pihak pengelola Kebun Zahrani menyediakan beragam jenis kurma yang sudah dikemas ke dalam kantong.

Untuk pengunjung yang ingin belanja oleh-oleh, pengelola perkebunan juga menyediakan pasar kurma mini. Pasar yang tepat berada di tengah-tengah perkebunan itu menjajakan aneka kurma, cokelat, dan manisan dengan harga variatif.

Di penghujung kunjungan, biasanya para jemaah akan dijamu segelas minuman teh khas Arab Saudi yang beraroma harum dan nikmat rasanya.

(Sumber : Kemenag.go.id)



Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya
¤ Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan
¤ Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya
¤ Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah
¤ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
¤ Bahagiakanlah keluarganya
¤ Luaskan rezekinya seluas lautan
¤ Mudahkan segala urusannya
¤ Kabulkan cita-citanya
¤ Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji
¤ Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar.
Aamiin ya Rabbal'alamin.


¤ Salam sayang buat isteri & anak tercinta :
“Siti Nurjanah & Rachmad Hidayatullah”

;