Rabu, 23 September 2015

✿ Jutaan Jemaah Haji Wukuf di Arafah.


Wukuf merupakan ritual ibadah haji, di mana jemaah berada di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah sejak matahari terbit hingga terbenam.

Jutaan jemaah haji dari berbagai negara berkumpul di Padang Arafah, Rabu 23 September 2015. Mereka melakukan wukuf yang menjadi puncak pelaksanaan ibadah haji.

Wukuf merupakan ritual ibadah haji, di mana jemaah berada di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah sejak matahari terbit hingga terbenam, baik dalam keadaan berdiri, duduk, berbaring, atau berada dalam kendaraan.

Wukuf merupakan rukun haji. Sehingga haji dianggap tidak sah jika jemaah tidak melakukan wukuf. Selama wukuf, jemaah haji dianjurkan memperbanyak doa dan mengulang-ulangnya. Membaca Alquran dan salawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Dikutip Dream dari laman Al Arabiya, Rabu 23 September 2015, otoritas Arab Saudi memperkirakan wukuf kali ini diikuti oleh sekitar 1,38 juta jemaah haji.

Tak hanya jemaah haji. Momen ini juga turut diperingati oleh umat muslim di seluruh dunia. Di mana, umat muslim disunahkan untuk berpuasa Arafah.

Saat wukuf pula, pada tahun 632 Masehi, Nabi Muhammad menyampaikan pidato perpisahannya. Saat itu, prosesi wukuf diikuti oleh 114.000 jemaah.


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya
¤ Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan
¤ Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya
¤ Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah
¤ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
¤ Bahagiakanlah keluarganya
¤ Luaskan rezekinya seluas lautan
¤ Mudahkan segala urusannya
¤ Kabulkan cita-citanya
¤ Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji
¤ Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar.
Aamiin ya Rabbal'alamin

¤ Salam sayang buat isteri & anak tercinta :
“Siti Nurjanah & Rachmad Hidayatullah”

;